Bagian Bagian Kamera DSLR Beserta Fungsinya..............





Assalamu’alaikum Wr.Wb...

Kali ini Saya akan Mempost tentang Bagian Bagian Kamera DSLR beserta Fungsinya.
Pada kamera DSLR terdapat banyak sekali bagian-bagian. Pada setiap bagian mempunyai kegunaan dan fungsinya sendiri. Seperti Shutter untuk mengaktifkan auto focus dan tombol untuk menangkap gambar. Untuk lebih jelasnya  di sini saya akan menjelaskan bagian-bagian kamera dan fungsinya. 


1. Shutter         

Tombol ini adalah tombol terpenting dalam Kamera DSLR,karena tanpa tombol ini kita tidak bisa mengambil/memotret Gambar.Tombol ini juga berfungsi untuk mengaktifkan AF(Auto Focus).


2. Dial Mode Button

Bagian ini terdapat mode-mode untuk pengambilan gambar seperti mode manual, mode auto, dan mode close up. Biasanya dial mode button ini bisa berbeda-beda setiap brand dan tipenya. 



3. Tombol Pelepas Lensa

Berfungsi untuk melepas lensa dari kamera,cukup tekan tombol tersebut untuk melepas Lensa.

4. Flash Built-in

Berfunsi Untuk memberikan cahaya. Flash ini juga dapat bekerja otomatis pada mode-mode tertentu. Flash ini yang pasti berfungsi memberi cahaya pada saat shutter menangka gambar. Flash sangat membantu pada keadaan gelap.

5. Grip

Bagian ini terdapat pada sisi sebelah kanan yang menonjol berguna untuk pegangan tangan pada kamera. Pada bagian atas biasanya terdapat shutter, dial mode button, tombol on/off, dan lain-lain. 

6. Dudukan Lensa

Bagian ini berguna untuk memasang atau menghubungkan lensa dengan kamera. Pada kamera mirrorless, dudukan lensa tidak ada karena mirrorless lensa tidak dapat diganti-ganti
7. Lensa

Bagian ini terdapat pada depan kamera yang berbentuk tabung. Bagian ini terdapat pengaturan fokus dan zoom. Bagian ini sangat penting karena jika tidak ada lensa maka kamera tidak dapat bekerja karena lensa ini berguna untuk menangkap atau mengambil gambar.



8. Soket Tripod

Soket Tripod biasanya berada di bawah kerangka kamera yang berukuran sekrup. Dan berfungsi untuk tempat memasang tripod. Soket tripod ini adalah bagian kecil yang sangat berguna karena dapat menepel di tripod sehingga kamera bisa statis atau diam.

9. Viewfinder

Viewfinder atau jendela bilik ini terdapat karet yang berfungsi untuk bantalan mata (eye piece) dan sebagai penahan cahaya. Viewfinder ini berguna untuk melihat objek yang akan dipotret.

10. LCD

Bagian ini mempunyai 3 fungsi yaitu untuk melihat hasil foto, melihat settingan dan info pada kamera dan bisa juga menjadi viewfinder. LCD pada setiap kamera juga berbeda-beda sesuai tipenya. Ada LCD yang dapat dibuka seperti gambar di samping dan ada juga LCD yang tidak dapat dibuka. 


11. Tombol Menu

Berfungsi untuk menyetel kamera yang dapat dilihat pada LCD. Pada menu ini terdapat banyak sekali settingan dari kamera. Seperti mengatur ISO, point view, dan lain sebagainya. 

12. Tombol Navigasi

Tombol ini berfungsi untuk menjadi analog pada memilih setting atau biasa menjadi analog untuk melihat foto. Tiap kamera berbeda ada yang berbentuk analog dan scroll.

Itulah Beberapa Bagian dari Kamera beserta fungsinya,semoga bermanfaat..............!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

By : @Chanif Vermin

Komentar