MENGENAL LENSA



Assalamu’alaikum Wr.Wb


Salam Blogger,setelah kemarin saya mempost tentang Bagian Bagian Kamera DSLR,kali ini saya akan mengupas lebih dalam tentang salah satu bagian kamera yaitu LENSA.
Pengertian
                Lensa merupakan Mata dari sebuah kamera secara umum Lensa menetukan kualitas foto yang dihasilkan. Lensa memiliki 2 propertiespenting yaitu panjang fokal dan aperture maksimum.
Jenis Lensa
a.       Berdasarkan Prime-Vario
1.       Fixed fokal/prime, memiliki panjang fokal tetap, misal Fujinon 35mm F/3.5 memiliki panjang fokal 35mm. Lensa prime kurang fleksibel,namun kualitasnya lebih tinggi daripada lensa zoom pada harga yang sama.

2.       Zoom/Vario, memiliki panjang fokal yang dapat di ubah, misal Canon EF-S 18-55mm F/3.5-5.6 itu artinya memiliki panjang fokal yang dapat diubah dari 18mm sampai 55mm. Fleksibel karena panjang fokalnya dapat di atur.

b.      Berdasarkan panjang focal
1.       Lensa Standart
Semua kamera menyediakan fasilitas lensa standart. Yaitu berukuran 50mm, lensa ini menunjukkan objek yang sebenarnya yang tampak pada mata kita. Lensa ini cocok di gunakan untuk menangkap objek dimana pemotret sejajar dengan pendangan mata objek.
2.       Lensa Sudut Lebar(Wide Lens)
Seperti pada namanya,lensa sudut lebar (wide lens) dapat menjangkau objek pemotretan lebih luas atau lebar. Lensa ini membuat objek yang ada di tengah jendela bidik terlihat lebih jauh dan kecil. Ada beberapa ukuran lensa sudut lebar, yaitu 17mm,20mm,24,mm,28mm,dan 35mm. Lensa ini sangat cocok memotret panorama,arsitektur, dan suasana kemeriahan.
Contoh Foto yang di Ambil dengan Lensa Sudut lebar(Wide lens) :



3.       Lensa Tele
Lensa ini membentuk ruang tajam (depth of field) yang sempit, sehingga objek menjadi lebih dari sekitarnya. Yang termasuk Lensa tele adalah ukuran 70mm ke atas. Ukuran lensa ini baik pemotretan Profil. Juga baik untuk kroping komposisi yang tidak di inginkan san membuat efek kabur pada lingkungan sekitar objek yang tidak menjadi pusat perhatian. Beberapa ukuran Lensa Tele adalah 135mm,180mm,300mm,dan 400m. Lensa ini cocok pemotretan Model,Panorama,Olahraga, dan Jurnalisitik.
Contoh Foto yang di Ambil dengan Lensa Tele :



4.       Lensa Makro
Lensa ini biasa di gunakan untuk memotret benda benda yang kecil seperti perhiasan,berlian,serangga,bunga,dan sebagainya. Jenis dan ukuran lensa Makro tidak sama pada setiap Merek Kamera ada yang 55mm,dan 60mm.
Contoh Foto yang di Ambil dengan Lensa Makro :


Itulah Postingan saya kali ini mengenai Lensa Kamera, dari Pengertian sampai Jenis jenis Lensa......Semoga Bermanfaat........!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Dikutip Dari : Materi Pelajaran Produktif Multimedia Kelas XI Semester 2 “Menggabungkan Fotografi Digital Ke Dalam Sajian Multimedia”
Pemateri : Bapak Bahrul ulum, S.Si .


By : Chanif Vermin
https://m.facebook.com/chanif.vermin1

Komentar